TERKAGUM-KAGUM KEINDAHAN ISTANBUL

Istanbul adalah sebuah kota yang benar-benar ingin saya kunjungi (-setelah Mekah dan Madinah tentunya- ), dibandingkan keinginan saya untuk mengunjungi kota-kota Eropa lainnya.

Terus terang saya terkagum-kagum karena sejarah Islamnya, tentang Masjid Biru, tentang Hagia Sophia yaitu sebuah gereja yang dijadikan Masjid, dan adanya Museum/Istana Topkapi Palace yang menyimpan peninggalan Nabi Muhammad SAW, keluarga dan sahabatnya.

Disamping itu saya juga ingin merasakan bagaimana rasanya menjelajah selat Bhosporus, selat yang memisahkan benua Eropa dan Asia.  Ya Istanbul adalah kota dimana Timur dan Barat bertemu.

So, I can’t wait to visit Istanbul. It really blow up my mind!  Dan Alhamdulillah… pada tahun 2016 lalu akhirnya saya mendapat rezeki untuk jalan-jalan ke Turkey.  Namun karena baru punya blog di tahun ini, jadi baru saya tulis sekarang dehh 🙂

Nah sebenarnya tempat wisata   apa saja sih yang wajib temans kunjungi saat jalan-jalan ke Turkey, khususnya kota Istanbul. Kalau menurut saya pribadi, berikut daftar tempat-tempat yang wajib temans kunjungi saat ke Istanbul.  Stay tuned…!

 

Tempat Yang Wajib di Kunjungi di Istanbul Turkey

1. The Blue Mosque (Masjid Biru)

Masjid Sultan Ahmed, yang lebih dikenal dengan nama Masjid Biru (Blue Mousque) merupakan Ikon kota Istanbul, Masjid ini dikenal sebagai Masjid Biru dikarenakan dominasi mosaik biru yang indah dipasang di dalamnya.

Masjid ini dibangun sekitar 8 tahun antara tahun 1609 sampai 1616. Masjid ini bisa menampung 10.000 jamaah. Saya sangat menyukai langit-langit Masjid ini,  benar-benar indah dan menakjubkan. Jadi kalau ke Masjid ini, jangan hanya di luarnya saja, masuklah ke dalamnya. Gratis kok 🙂

Masjid biru ini juga benar-benar hidup, dalam arti, sholat lima waktu selalu didirikan secara berjama’ah di Masjid ini. Dan pada saat waktu sholat, masjid ini tertutup untuk wisatawan (karena banyak juga wisatawan Non Muslim datang ke Masjid ini), jadi jika mereka ingin masuk, mereka harus menunggu sampai sholat selesai dilaksanakan.

Seperti biasa untuk masuk ke dalam Masjid, sepatu / sandal harus dilepas, namun mereka menyediakan kantong plastik gratis untuk tempat sepatu, dan jika kita malas membawa-bawa sepatu untuk keliling Masjid, ada kotak-kotak untuk tempat kita menaruh sepatu.

Dan untuk wisatawan wanita, harus mengenakan hijab (setidaknya berkerudung) untuk memasuki Masjid ini, disanapun kerudung disediakan gratis oleh mereka.

Oh ya, saat temans  nanti  melihat langit-langit Masjid Biru ini hati-hati ya, karena waktu itu  sakin  saya benar-benar mengagumi keindahan langit-langitnya, jadi pandangan saya selalu kearah langit-langit  (sambil saya berpikir bagaimana situasinya 400 tahun lalu saat masjid ini dibangun) dan akhirmya saya tidak sadar hampir menabrak orang yang sedang sholat, so..jangan seperti saya ya temans.

 

2. Hagia Sophia

Hagia Sophia dibangun dalam waktu 6 tahun pada abad ke 6 M. Hagia Sophia (yang artinya “Kearifan yang Suci”) pertama kali dibangun sebagai gereja Kristen Ortodox.  Pada tahun 1453, Ottoman menguasai Konstatinopel dan mengubahnya menjadi sebuah Masjid.

Pada akhirnya, saat Turkey menjadi negara sekuler pada tahun 1930-an, pemerintah Turkey mengubah Hagia Sophia menjadi sebuah Museum.

Di sekitar Hagia Sophia dikelilingi taman-taman yang indah dan benar-benar menarik. Jarak antara Hagia Sophia dari Masjid Biru hanya beberapa ratus meter, jadi bisa dikunjungi dengan berjalan kaki.

Karena mengejar waktu, saya tidak masuk ke dalam Hagia Sophia. Saya hanya sampai dekat pintu masuknya. Saya melihat mozaik emas bekilau menghiasi pintu masuk, namun menurut saya -mungkin karena usia yang sudah terlalu tua-  emas dan warna hitam sebagai hiasannya membuat interiornya terlihat agak kaku, so Masjid Biru lebih menarik secara visual.

 

3. Istana Topkapi (Topkapi Palace)

Tempat bersejarah lain yang saya kunjungi di Istanbul adalah Istana Topkapi (Topkapi Palace) yang sangat luas. Lokasinya juga tidak jauh dari Masjid Biru dan Hagia Sophia.

Istana Topkapi menyimpan berbagai peninggalan Nabi Muhammad SAW, sahabatnya dan keluarganya. Disini temans juga bisa melihat permata besar, saya berpikir pasti perhiasan tersebut tak ternilai harganya. Antrean cukup panjang untuk masuk ke setiap ruangan dan tidak  diperbolehkan membawa kamera atau berfoto di dalamnya.

 

4. Menjelajah Selat Bosphorus

Selat Bosphorus menghubungkan Laut Hitam dan Laut Marmara, sehingga berperan sebagai pembatas alami antara Benua Eropa bagian Barat dan Benua Asia bagian Timur.

Pada hari kedua di Istanbul, rombongan tour saya menjelajah Selat Bosphorus. Kami berangkat sekitar jam 8.30 pagi dari hotel.  Pelayaran berlangsung selama kurang lebih dua jam, dan rombongan tour saya berlayar terus ke arah ke dua jembatan Bosphorus sebelum akhirnya balik lagi ke titik pemberangkatan.

 

5. Shopping di Grand Bazaar

Dari yang saya baca di Wikipedia,  bahasa Turkey nya Grand Bazaar yaitu : “Kapalicarsi”, yang berarti pasar tertutup.  Di Wikipedia  juga di tulis sebagai berikut :

Grand Bazaar Istanbul adalah salah satu pasar tertutup yang terbesar di dunia, yang meliputi 60 jalan dan 5.000 toko, dan menarik pengunjung sebanyak 250.000 sampai 400.000 pengunjung setiap harinya.

Jika temans senang menjelajahi pasar saat berpergian ke luar negeri, coba deh habiskan beberapa jam di Grand Bazaar, kapan lagi belanja di pasar tertua di dunia ini! Pasar ini umurnya sudah lebih dari 500 tahun lho! -berdiri sejak tahun 1450-an-.

Dan kalau temans merasa lelah saat berbelanja disana, temans bisa minum teh atau menikmati kopi Turkey di kedai-kedai  yang ada disekitarnya.  Menurut saya ini menjadi pengalaman yang klasik saat berada di kota  Istanbul Turkey.

Karena Grand Bazaar di fokuskan untuk turis pada masa sekarang ini, menurut saya bagi temans yang tidak ahli dalam hal tawar menawar seperti saya ini, sebaiknya menghindari pembelian barang yang nilainya mahal, misalnya karpet, hal tersebut dikarenakan pedagang-pedagang disana sangat –sangat ahli dalam hal berbicara saat negosiasi harga, mereka akan mengeluarkan rayuan mautnya atau memberikan alasan-alasan mengapa mereka tidak akan menjual barang mereka dengan harga yang kita minta.

So…, kalau kita bukan ahlinya dalam tawar-menawar pasti kita akan tertipu, dimana barang tersebut seharusnya bisa di dapat dengan harga yang lebih murah.

 

6. Galata Tower

Galata Tower bertengger di sebuah bukit di lereng Galata, Tower ini menawarkan pemandangan kota yang sangat bagus, pemandangan 360 derajat . Untuk mencapainya ke atasnya digunakan lift.

Galata Tower selesai dibangun pada tahun 1348 M, tingginya sekitar 67 meter dan merupakan gedung tertinggi di Istanbul.

 

7. Berjalan di sepanjang Istiklal Avenue dan Taksim Square

Beberapa blok menanjak dari Galata Tower adalah Istiklal Avenue, salah satu nama jalan yang paling terkenal di Kota Istanbul .  Jalan tersebut hanya untuk pejalan kaki saja dan ada kereta trem vintage tua berwarna merah yang berjalan di sepanjang jalan tersebut, dan  berakhir di Taksim Square.

Namun daripada mencoba naik Trem lebih baik meluangkan waktu  berjalan-jalan di Istiklal Avenue ini. Tempat ini sangat enak buat cuci mata lho.., temans bisa berbelanja atau makan-makan di disini, dan area ini juga agak bergaya Amerika, karena ada  Starbucks dan Hard Rock Café di sini.

Istiklal Avenue juga merupakan salah satu area kehidupan malam yang paling populer di Istanbul, temans juga akan melihat banyak penduduk lokal yang nongkrong di bar-bar di jalan-jalan kecil dan gang-gang Istiklal Avenue.

Nah, alun-alun Taksim Square sendiri berada di seberang jalan Istiklal Avenue. Menurut tour guide saya, karena Taksim Square berada di pusat kota Istanbul modern maka tempat ini  merupakan tempat yang disukai untuk dijadikan titik berkumpul jika ada  demonstrasi massal.

Nah, itulah daftar tempat yang “wajib dikunjungi” jika temans jalan-jalan ke Turkey  khususnya ke kota Istanbul Turkey. Selain Istanbul, saya juga mengunjungi Kota Bursa lho… Namun perjalanan saya di Bursa akan saya tulis di artikel berikutnya ya. Jadi tunggu tulisan saya berikutnya ya okay….:) See ya…:)

Comments
  1. Ezy Fauziah

    Wonderful…… jadi kapan kita ke Eropa nich, buat ngabisin duit….info ya…..

    • sarah_auliya

      Hahahahah 😀 😀 😀

  2. Semoga saya juga bisa berkunjung ke Turki ☪ aamiin tfs mba😗

    • sarah_auliya

      Hi Sandra… optimis aja.. suatu saat pasti bisa deh kesana.. 🙂 Aku ikut doa’in.. Aamiin…

  3. Ade

    Da, bgtu pengen baca langsung inget blog nya wida…jd bkin mupeng pngn ke sana.. :))

    • sarah_auliya

      hahaha…enak banget emang Istanbul, aku juga pingin kesana lagi rassanya 😀

  4. Ade

    Ternyata abis baca malahan bkin mupeng ke Turki…hahaha…

    • sarah_auliya

      Klo jalan-jalan pokonya kita nomor satu ya Ka Ade.. haha 😀

ADD YOUR COMMENT

Pin It on Pinterest

Share This