ICIP-ICIP KULINER TURKEY

Pada saat saya ke Turkey, selain saya tertarik karena ingin mengetahui tentang sejarah negara tersebut, saya juga sangat antusias dengan kuliner di Turki.

Hal itu dikarenakan saya pernah membaca dari suatu sumber, bahwa sebenarnya hanya ada tiga jenis masakan (hidangan) utama di dunia yang diakui reputasinya, yaitu berasal dari : Turkey, China, dan Perancis.

Berhubung mayoritas penduduk Turkey adalah Muslim, maka tidaklah susah mencari makanan halal di sana, dibanding dua negara lainnya (China dan Perancis).

Oleh karena itu, pada saat saya di Turkey saya begitu excited mencoba kulinernya. Nah, berikut ini beberapa kuliner Turki yang saya coba pada saat di sana. Semoga ini bisa memberi inspirasi untuk temans yang ingin jalan-jalan ke Turkey ya…

Yuks kita lihat…

 

Kuliner Turki Yang Wajib Dicoba

Adana Kebab

Adana kebab merupakan kebab pertama yang saya makan di sebuah restoran di Istanbul. Tour guide saya bilang bahwa memakan Kebab ini adalah suatu keharusan jika kita adalah penggemar daging😊

Adana kebab di beri nama sesuai dengan nama kota terbesar ke empat di Turkey , yaitu Adana.  Kota Adana merupakan salah satu “kota kebab” yang terkenal di Turkey.

Tour guide saya bercerita bahwa Adana kebab asli,  hanya dapat dibuat oleh pemilik restoran yang telah diperiksa dan disetujui oleh Kamar Dagang Adana.

Jadi, Adana kebab ini terbuat dari daging domba muda (jantan) yang dicincang halus plus dengan lemaknya, dan masaknya dicampur dengan paprika merah dan hijau. Bahan-bahan tersebut digulung, kemudian dipanggang dengan menggunakan tusuk sate.

Terus terang rasa Adana Kebab ini kurang pas di lidah saya, mungkin karena saya memang bukan pecinta daging domba / kambing, akan tetapi tetap saja saya memakannya sampai habis dikarenakan saya laparrr.. hehe  😛

Namun menurut saya, kalau temans ke Turkey dan merupakan penggemar daging domba / kambing,  memang wajib mencoba kebab yang satu ini lho…

 

İskender Kebab

Jenis kebab populer lainnya yang saya coba pada saat di Turkey yaitu İskender Kebab.  Kebab ini saya coba pada saat di kota Bursa.

İskender Kebab merupakan kebab khas Bursa, dan namanya diambil dari penemunya yaitu, İskender Efendi, yang tinggal di Bursa pada akhir abad ke-19.  Namun di luar kota Bursa pun kita juga dapat menemukan jenis kebab ini.

İskender Kebab disajikan diatas roti pita. Diatas roti tersebut di beri potongan panjang dan tipis dari daging domba atau daging sapi yang dimasak dengan saus tomat, dan diberi mentega cair, serta ditambah dengan yogurt.  Rasanya benar-benar luarr biasa!

Menurut saya kebab ini benar-benar cocok dengan lidah saya….Mmmh so so yummy !   You must try it !

 

Izgara Balık a.k.a Ikan Bakar Turkey

Saat tour guide saya mengajak makan siang dengan menu ikan bakar Turkey, saya sangat antusias sekali, karena saya membayangkan ikan bakar seperti yang ada di Indonesia.

Akan tetapi ternyata tampilan ikan bakar Turkey jauh berbeda dengan seperti yang saya bayangkan. Menurut saya tampilan lebih mirip seperti ikan goreng .. haha 😀

Namun karena saya penggemar berat ikan, saya tetap lahap memakannya. Menurut saya rasanya sangat enak.

Tour guide saya bilang belum lengkap mengunjungi Istanbul tanpa menikmati ikan bakar segar ini. Nah, jenis ikan yang disajikan itu tergantung pada musimnya.

 

Midye Dolma

Midye Dolma itu sebenarnya adalah kerang rebus, eiitss… akan tetapi ini bukan kerang rebus biasa lho….

Jadi kerang ini digabungkan dengan nasi berbumbu ( biasanya bumbunya berupa bawang putih, kayu manis, lada, kismis ) dan disajikan langsung dalam cangkang kerang tersebut, kemudian diberi tetesan air lemon dan lada hitam.

Midye Dolma merupakan salah satu street food yang mudah di temukan di Turkey,  akan tetapi saya memang tidak mencobanya di penjual jalanan, karena menurut informasi yang saya terima rasa Midye Dolma yang di jual di penjual jalanan rasanya kurang enak alias hambar.

Jadi saya mencoba makanan ini di salah satu restoran di Istanbul, dan rasanya cukup enak bagi saya.

 

Baklava

Baklava merupakan hidangan penutup (dessert) yang paling populer di Turkey. Hampir semua restoran yang saya kunjungi, menyajikan Baklava sebagai desertnya.

Baklava dibuat dari lapisan pastry yang di cover dengan sirup manis atau madu. Dan diantara lapisan pastry tersebut di isi dengan kacang pistachio atau kacang walnut.

Ada yang bilang, belum lengkap mengunjungi Turkey sebelum mencoba dessert ini lho..😊

Saya cukup suka dengan rasa dessert ini, rasanya manis dan unik.  Mungkin karena saya memang penggemar manis. Namun Baklava yang benar-benar enak, memang Baklava yang saya coba saat di Turkey…, entah mengapa saya pernah coba Baklava yang saya beli di Jakarta, rasanya agak berbeda dengan yang aslinya.

So, jika temans ingin tahu rasa Baklava asli, temans harus datang ke Turkey ya… hehe

 

Çay (Teh Turkey)

Sejujurnya, rasa teh Turkey ( Çay ) sama seperti teh hitam lainnya, -tidak ada yang spesial-, tetapi minum teh di Turkey sebenarnya bukan tentang rasanya – ini tentang pengalaman.

Saya sangat suka dengan cara penyajian teh Turkey ini,  karena disajikan di gelas mungil yang bentuknya khas dengan diberi gula pasir bentuk kubus.

 

Kopi Turkey

Saya ini bukanlah penggemar kopi, tetapi karena saya penasaran, maka pada saat di Grand Bazaar, saya ikut mencicipi secangkir Kopi Turkey, – sekali lagi ini tentang pengalaman- .

Kopi Turkey rasanya sangat strong juga kental, dan bisa diberi gula pasir kubus sesuai selera. Kopi Turkey paling enak disajikan dengan sepotong Turkish Delight atau Baklava, hal itu menghilangkan rasa pahit setelah meminumnya.

 

Lokum (Turkish Delight)

Lokum ( Turkish Delight ) merupakan cemilan yang bercita rasa manis dan lembut. Dari informasi yang pernah saya baca, cemilan ini terbuat dari cairan kental dari tepung maizena yang dicampur gula dan aneka perasa buah.

Tekstur dari Turkish Delight seperti jelly  (kenyal dan padat) dan cemilan ini terdiri dari berbagai macam rasa (seperti rasa jeruk, delima, cokelat, dsb) serta berbagai macam isi ( kacang pistacho, kurma, dsb).  Cemilan ini juga sering dilapisi dengan gula pasir.

Jika temans penggemar rasa manis, pasti akan menyukai cemilan ini. Menurut saya, rasa Turkish Delight sangat segar dan manis di mulut.

Turkish Delight menjadi oleh-oleh yang saya bawa pulang saat balik ke Jakarta. Belum lengkap rasanya balik ke Jakarta tanpa membawa oleh-oleh cemilan khas Turkey ini 😊😊

 

Simit

Nah,  Simit ini adalah roti bagel nya Turkey, yang berbentuk donat kepang dan ditaburi biji wijen.  Simit bisa ditambahkan dengan berbagai Toping,  seperti keju,  Nutella,  atau pasta zaitun.

Simit adalah salah satu street food yang paling populer di Turkey.  Temans bisa menemukan pedagang Simit dimana-dimana.

Jangan lupa menikmati Simit dengan segelas Teh Turkey panas ya!

 

Dondurma (Es Krim Turkey)

Sewaktu di Turkey, saya tetap tidak mau ketinggalan untuk menikmati es krim Turkey, walaupun saat itu cuaca di Turkey cukup dingin ( 9-11 °C ).

Kalau dilihat es krim ini memang seperti es krim biasa, dan bahkan menurut saya, rasanya pun seperti es krim pada umumnya, akan tetapi Dondurma memiliki tekstur yang tidak biasa seperti es krim lainnya di dunia.

Dari yang pernah saya baca, bahan-bahan spesial yang digunakan untuk membuat es krim ini, tidak membuat es krim cepat meleleh, sehingga es krim lebih kenyal, kental dan elastis.

Nah, Penjual Es krim Turkey ini terkenal karena selalu menampilkan pertunjukan yang lucu dan “spektakuler” pada saat kita membelinya 😀

Mereka akan sangat jahil terhadap pembeli. Penjual akan berputar-putar memainkan tongkat panjangnya saat menyajikan es krim, membolak-balik cone es krim, sampai akhirnya es krim tersebut benar-benar diserahkan ke pembeli.

 

Nah itulah daftar kuliner Turki yang saya coba pada saat disana.  Sebetulnya ada banyak lagi kuliner di Turki lainnya, dari mulai street food maupun makanan restoran lainnya, cuma terus terang saya memang tidak mencoba semuanya.

So, dari semuanya kira-kira mana yang benar-benar temans tertarik ingin mencobanya?

 

 

 

 

Comments
  1. Mery

    Kalo ada video pertunjukkan tukang es krim yg lagi ngerjain pembelinya, would be awesome kali yaaàaa….

    • sarah_auliya

      Sayang ga ada videon nya… tapi teman aku punya tuh…, nanti deh aku kasih liat ya,, :):)

  2. sambil baca, sambil spelling nama makanan yang berbahasa turki itu trus belibet hihi… btw keliatannya enak deh, semoga kapan hari ada rezeki pergi ke turki

    • sarah_auliya

      Hi Rizka… salam kenal 🙂 Makasih ya udah mampir di blog aku
      Iya emang bacanya bikin lidah belibet haha.. untung pas dimakan enakk haha 😀
      Mudah2 an nanti ada rezeki biar bisa kesana ya… 🙂

  3. Penasaran sama cemilan-cemilannya. Unik-unik kelihatannya :*

    • sarah_auliya

      Hi Murni, salam kenal, terimakasih sudah mampir 🙂
      klo menurutk aku , emang lumayan2 enak sih cemilan Turki, Cuma suka agak beda klo kita beli disini dibanding di negara aslinya 😀

  4. kalo aku blm pernah ke Turki mb, tapi pernya nyobain Baklava nya, oleh-oleh teman yg baru pulang dari Turki , ternyata manis sekali yaa..hahha..tekstur sirup / madunya manis meleleh di lidah.

    • sarah_auliya

      Hi Mega, salam kenal, Terimakasih sudah mapir di blog aku:) Iya Baklava itu emang manis banget, tapi karena aku penggila manis…, jadi cocoklah di mulut.. ahaha

  5. berkali-kali nyobain makanan Turki, Semua saya doyan tapi cuma dondurma aja yang saya suka banget. entah kenapa.
    mungkin karena kue-kuenya terlalu manis dan masakannya bumbunya hambar bagi lidah Indonesia.

    • sarah_auliya

      Hi Dita, salam kenal…, thx ya dah mampir di blog aku 🙂 Klo penggamar Ice cream pasti suka Dondurma, dan karena aku penggemar manis jadi aku juga suka cemilan yang lainnya, tapi bagi yang kurang suka rasa manis pasti memang ngerasa kemanisan 😀
      Klo menurut aku masakan sana sebenarnya pas bumbunya…, cuma masalahnya suka gak ada saus cabe (chili sauce) disana..jadi suka ngerasa kurang pas gitu. Apalagi klo kita emang penggemar pedas, jadi terasa hambar 😀

  6. Iskender kebab nih tampilan bumbunya jadi pingin dicoba banget. Ikan panggangnya iya macam digoreng ya mba, haha… Penyajian kerang rebusnya mantap ya pakai nasi dan dikasih lada hitam juga. Wah jadi pingin kuliner Turki di Jakarta dulu deh, biar siapa tau bisa icip2 langsung di Turkinya 😀

    • sarah_auliya

      Hi Nita, salam kenal. Makasih ya dah mampir di blog aku 🙂
      Waduh jangan ditanya deh klo Iskender kebab, klo aku pribadi sih suka bangettt…, benar2 enakkk..haha
      Iya ikan panggangnya kayak ikan goreng, ga tau tuh cara panggang nya gimana 😀
      Klo kerang rebusnya, bannyak yang jual tapi rasanya hambar…, untung kebetulan aku dapat yang enak.
      Haha iya icip2 di Jakarta dulu…, jadi nanti pas ke Turkinya gak bingung lagi .. 😀

  7. Hampir semua makanan Turkey nampaknya manis ya.

    • sarah_auliya

      Hi Acha…:)
      Iya rata2 kalo dessertnya memang manis, kebeltulan karena aku penggemar manis, jadi pas deh di mulut 😀

  8. Kebetulan banget insyaallah beberapa bulan lagi akupun ke Turki. Makasi referensinya mbak, penasaran sama es krim Turki 😀

    • sarah_auliya

      Hi Mbak Nabila
      Salam kenal…. terimakasih dah mampir di blog aku 🙂
      wah seneng banget ya mau jalan-jalan ke Turkey…, rasanya aku juga pingin kesana lagi deh.. hehe

ADD YOUR COMMENT

Pin It on Pinterest

Share This